Inilah, 7 Puncak Tertinggi di Indonesia (Seven Summit Indonesia)

7 Puncak Tertinggi di Indonesia. Indonesia yang merupakan negara dengan gunung yang cukup banyak , sehingga menjadikannya surga bagi para pecinta alam khususnya pendaki gunung. Gunung-gunung di Indonesia tersebar mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua mulai dari yang memiliki ketinggian 2000 mdpl sampai ada yang diatas 4000 mdpl. Berikut kami berikan 7 Gunung Tertinggi yang ada di Indonesia.

Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya atau sering juga disebut Cartensz Pyramid merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl ini termasuk dalam Word Seven Summit tertinggi disetiap benua di dunia yang masuk ke benua Australia Oceania. Untuk dapat mendaki gunung ini memang membutuhkan biaya yang cukup mahal serta persiapan fisik dan pengalaman pendaki yang sudah profesional. Sedangkam orang pertama yang mampu mencapai puncak Gunung Puncak Jaya adalah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahun 1936.
Puncak Jaya Papua
Puncak Jaya

Gunung Kerinci, Sumatra

Gunung Kerinci sering juga disebut Peak of Indrapura terletak di Provinsi Jambi, Sumatra Barat. Puncak tertinggi dari gunung Kerinci adalah 3.805 mdpl serta masih termasuk gunug yang aktif. Keunikkan dari gunung ini adalah memiliki kawah seluas 400x120 meter yang berisikan air yang berwarna kehijaun. Pendaki pertama yang mencapai puncak Gunung Kerinci adalah Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth tahun 1877.
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci


Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani yang memiliki nama puncak Anjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl termasuk favorit bagi para pendaki dalam negeri maupun mancanegara karena memiliki pemandangan yang cukup indah yaitu terdapat kaldera yang membentuk Segara Anak pada ketinggian 2000 mdpl.
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani


Gunung Semeru, Malang

Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang merupakan puncak teringgi dari deretan beberap gunung di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung tang memiliki puncak bernama Mahameru ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Meskipun sering ditutup untuk pendakian karena aktivitas vulkanisnya namun gunung ini masih menjadi favorit bagi para pendaki karena keindahan dan fenomenna letusan vulkanis sekitar 10 menit sekali. Pendaki pertama yang mencapi puncak ini adalah Clignet pada tahun 1838.
Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Latimojong, Sulawesi

Gunung Latimojong terletaj di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dengan ketinggian puncak 3.430 mdpl memiliki puncak yang bernama Rante Mario. Gunung yang juga masih aktif ini termasuk yang sulit untuk didaki karena masih banyak hutan disekitar gunung.
Gunung Latimojong
Gunung Latimojong


Gunung Binaiya, Ambon

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Ambon merupakan puncak tertinggi yang berada di Ambon dari beberapa gunung yang lainnya. Dengan ketinggian puncak 3.027 mdpl lebih tinggi dari dua puncak dari gunung ini yaitu 3.019 dan 3.011 mdpl. Untuk pendakian gunung ini memang memiliki tantangan tersendiri karena pendakian dimulai dari 0-10 mdpl serta memiliki curah huajn yang cukup tinggi.
Gunung Binaiya
Gunung Binaiya

Bukit Raya, Kalimantan

Bukit Raya terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Sebenranya Bukit Raya merupakan deretan gunung dengan ketingian puncak 4.095 bernama puncak Kinabalu, tetapi karena terletak di Negara Malaysia maka pucak tertinggi dari Kalimantan jatuh pada Bukit Raya yang memiliki Ketinggian 2.278 mdpl. 
Bukit Raya
Bukit Raya


Kami menganbil 7 Gunung Tertinggi di Indonesia berdasarkan dari ketinggiannya disetiap pulau. Karena jika hanya mengambil urutan ketinggianya maka akan didominasi pegungungan yang indah di Papua karena daerah ini memiliki beberapa puncak yang cukup Tinggi. Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: