Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun memang memiliki pesona tersendiri untuk dijadikan tempat berwisata atau berlibur, khususnya air terjun yang masih alami. Tidak salah lagi bila tempat ini dijadikan pilihan favorit untuk memanjakan mata saat berwisata. Salah satu air terjun yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Air Terjun Sri Gethuk.
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di area kawasan wisata Desa Bleberan, untuk tepatnya di Dusun Mengorang, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Atau sekitar 41 Km arah Tengara dari Kota Yogyakarta. Penduduk sekitar yang menamakannya Air Terjun Slempret ini berada pada ngarai Sungai Oya yang kanan kirinya adalah persawahan sehingga menambah kesan alami.

Pesona dari air terjun ini adalah memiliki air cukup jernih serta diapit dengan bukit batu kars dengan ketinggiam sekitar 50 meter. Derasnya air serta suara suara gemriciknya air melewati batuan kars yang bercabang menjadi tiga dengan satu air terjun utama membuat kita merasa berada di Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat. 

Selain itu ada beberapa kegiatan wisata yang anda dapat lakukan di air terjun ini yang disediakan oleh pengelola setempat seperti:

Clif Jumping
Kita dapat melompat dari tebing sekitar sungai yang ketinggiannya cukup bervariasi dari 3-5 meter. Tapi juga perlu diperhatikan pakai pelampung badan dan ikuti saran pemandu anda karena ada beberapa tempat di sungai dengan dasar batu kars.

Trekking
Setelah anda sampai diparkiran maka untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk kita juga dapat melakukkan trekking. Ini akan lebih menarik dari pada mengunakan rakit karena selama perjalanan kita dapat menikmati area persawahan yang cukup luas dan beberapa spot baru kars yang indah untuk befoto.

Susur  Sungai Dengan Rakit
Selain trekking untuk mencapai air terjun ini anda juga dapat melakukannya dengan menaiki rakit yang melawan airus menuju hulu. Selama perjalanan anda dapat menikmati beberapa air tejun kecil dan tebing batuan kars di beberapa tempat.

River Tubing
River Tubing atau kegiatan menghanyutkan diri kesungai dapat dilakukan di air terjun ini. Sebaiknya kegiatan ini anda lakukan ketika akan kembali kerakit. Gunakan pelampung dan dengan pengawasan dari pemandu anda.

Canyoning.
Canyoning adalah kegiatan menuruni air terjung dengan mengunakan seutas tali khusus dengan peralatan yang safety. Sebaiknya kita meminta panduan dan menyewa peralatan dari pengelola supaya ada yang mengawasi untuk keamanan kita.

Menikmati Kuliner
Sebaiknya anda menikmati kuliner ini setelah anda selesai berbasah-basahan maka akan lebih nikmat. Anda dapat memesan ke warga sekitar atau pengelola dengan menu andalannya tiwul, urap sayur dengan lauk sambal, ikan asin atau ikan bakar. Anda juga dapat melihat proses pembuatannya jika memesan ke penduduk sekitar.

Tempat ini memang cukup lengkap fasilitas dan wahana yang kita dapat sehingga dalam satu tempat wisata ini kita sudanh merasa puas dan lengkap. Namun harus diperhatikan ketika anda akan berkunjung ketempat ini, kami berikan tips ketika mengunjungi air terjun Sri Gethuk.

  • Berkunjunglah ketempat ini ketika musim kemarau, selain airnnya jernih juga aman untuk keselamatan anda.
  • Karena kita akan main basah-basahan maka bawa pakaian ganti.
  • Jika ingin nyaman dan lebih menikmati tempat wisata ini sebaikknya jangan pada hari libur atau akhir pekan karena tempat ini akan cukup ramai.
  • Bawalah tas plastik untuk menyimpan peralatan elektonik anda agar tidak terkena air.
  • Selalu hati-hati dan waspada serta ikuti aturan yang ada dan intstruksi pemandu.


Adapu beberapa biaya retribusi yang perlu anda persiapkan dantaranya.
Parkir : Rp. 2.000 per motor
Sewa Pelampung : Rp. 5.000 per buah
Biaya Masuk : Rp. 10.000 per orang
Biaya Rakit : Rp. 10.000 per orang

Untuk anda yang sangat menyukai wisata alam pasti akan puas ketika berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk ini. Sebaiknnya berwisata ketempat ini beramai-ramai dengan teman atau keluarga anda karena akan lebih seru. Semoga Bermanfaat 



Subscribe to receive free email updates: