Museum Angkut Malang : Lokasi - Harga Tiket - Wahana

Museum merupakan kumpulan koleksi yang berupa benda bersejarah yang di pamerkan kepada umum untuk tujuan pendidikan maupaun hiburan. Maka dengan penegertian  itu dalam pemikiran kita maka museum hanya kumpulan barang-barang kuno yang dikumpulkan menjadi satu kemudian dipamerkan. Namun sepertinya mainset seperti itu tidak akan berlaku jika anda berkunjung ke Museum Angkut di Kota Batu Malang.
Museum Angkut Malang
Museum Angkut Malang

Museum Angkut berada di lereng Gunung Paderman Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Batu, Malang, Jawa Timur. Museum ini tergolong masih baru karena baru didirikan pada 9 Maret 2014 yang lalu. Dengan luas kawasan sekitar 3,8 hektar serta memiliki 300-an koleksi berbagai alat agnkutan dari yang masih tradisional sampai yang sudah modern. Karena dengan cukup luasnya kawasan museum ini maka akan di bagi dalam beberapa zona seperti :

Hall Utama
Merupakan sebuah ruangan pertama ketika anda memasuki Museum ini. Ditempat ini terdapat koleksi mobil dan kendaraan dari berbagai negara dengan tatanan lampu yang cukup menawan.

Gangster Town & Broadway Street.
Ditempat ini dibuat jalanan yang mirip dengan suasana gengster Al Capone yang cukup terkenal pada tahun 1970-an dengan dukunggan beberapa mobil antik yang ditata di pinggir jalan.

Zona Jalanan Eropa
Dalam zona ini terdapat gambaran jalanan  khas dari Eropa lengkap dengan mobil dan bangunannya, khususnya negara Perancis, Jerman, Inggris, Itali dan Belanda yang sangat mirip.

Zona Edukasi
Zona ini memiliki luas 900 meter persegi yang berisi tentang sejarah teknologi berbagai angkutan di Indonesia maupun di Dunia mulai dari yang tradisional sampai yan modern.

Zona Batavia dan Sunda Kelapa
Di dalam zona ini anda seperti berada pada masa Batavia atau Jakarta pada zaman dahulu yang merupakan pelabuhan yang cukup terkenal yaitu Sunda Kelapa.

Zona Las Vegas
Suasana dari Las Vegas yang ada di Amerika Serikat dapat anda rasakan disini lengkap dengan lampu khas masuk Las Vegas sampai banyaknya lampu kerlap-kerlip mirip dengan aslinya.

Zona Istana Buckingham
Negara Inggris memang cukup lengkap dan unik untuk transportasinya dengan berbagai jenis mobil antiknya. Anda dapat mendapatkannya pada zona ini.

Zona Hollywood
Zona ini merupakan yang paling favorit untuk wisatawan karena bagus untuk sekedar foto-foto dengan background tiruan mobil-mobil yang digunakan dalam film Hollywood.

Zona Pasar Apung
Zona ini meriru pasar apung yang ada di kampung air Margasari yang berada di Balikpapan. Di tempat ini dijual berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman wilayah Batu seperti seni batik, ukir, karikatur, dan yang lainnya dengan cara bertransaksi dari atas sampan.

Museum ini akan buka setiap hari yang akan buka dari jam 12.00-20.00 WIB dengan biaya tiket sebagai berikut :

Hari biasa (Senin – Kamis) :

  • Tiket Museum Angkut+ Movie Star Studio Rp. 50.000,-
  • Tiket D’Topeng Kingdom Rp. 25.000,-
  • Tiket Terusan Museum Angkut + Movie Star Studio dengan D’Topeng Kingdom Rp. 60.000,-


Akhir pekan (Jum’at – Minggu):

  • Tiket Museum Angkut+ Movie Star Studio Rp. 75.000,-
  • Tiket D’Topeng Kingdom Rp. 30.000,-
  • Tiket Terusan Museum Angkut + Movie Star Studio dengan D’Topeng Kingdom Rp. 85.000,-


Harga istimewa

  • Jam 19.00 WIB keatas HTM Museum Angkut+ Movie Star Studio:
  • Hari biasa : Rp. 30.000
  • Akhir pekan : Rp 50.000

  • Jika anda membawa kamera untuk memfoto Museum Angkut (kamera digital, handycam, polaroid, DSLR)  maka akan dikenai biaya Rp30.000 per kamera.
  • Jika anda menunjukkan boardingpass Garuda Indonesia dan Air Asia maka mendapatkan potongan harga 20% sesuai dengan syarat danketentuan yang berlaku.

Wahana Museum Angkut
Wahana Museum Angkut

Wahana Museum Angkut
Wahana Museum Angkut

Wahana Museum Angkut
Wahana Museum Angkut

Wahana Museum Angkut
Wahana Museum Angkut

Wahana Museum Angkut
Wahana Museum Angkut

Dengan kita mengunjungi Museum Angkut Malang yang memiliki perbedaan dengan Museum yang lain maka menset kita tentang museum akan berubah. Ternyata museum dapat ditata dengan unik dan cantik serta memiliki nilai edukasi juga. Semoga Bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: