Pengetahuan Dasar Pendaki Gunung Serta Persiapan Dasar Mendaki

Pengetahuan Dasar Pendaki Gunung. Dalam kamus besar bahasa Indonesia mendaki Gunung berasal dari dua suku kata yaitu ‘pendaki’ : yang memiliki arti orang yang mendaki atau memanjat. Kemudian kata kedua jika digabungkan maka Pendaki Gunung memiliki arti orang yang berolah raga dengan mendaki gunung. 
Pengetahuan Dasar Pendaki Gunung
 Pendaki Gunung

Karena mendaki gunung disini didefinisikan masuk jenis olahraga berat sebab kegiatan ini memang memerlukan kebugaran fisik pendaki yang prima serta memerlukan persiapan khusus. Hal yang membedakan dengan olahraga yang lain adalah mendaki akan dilakukan di tengah alam terbuka, seperti gunung, bukit, hutan, atau yang lainnya. Hal lain dari pendakian adalah kita perlu mempersiapkan semua keperluan selama mendaki dengan secermat mungkin mulai dari :

Pengenalan Medan

Karena aktivitas ini dilakukan di alam terbuka maka kita wajib mengetahui medan yang akan kita lalui misal jenis trek yang akan kita lalui, suhu yang akan kita hadapi, pos yang baik untuk beristirahat, perubahan cuaca yang sering terjadi dan yang lainnya. Banyak cara untuk mengetahui medan yang akan dihadapi misalnya mencari informasi sebanyak mungkin baik melalui media internet, bertanya kepada orang yang pernah mendaki gunung itu dan cara yang terbaik adalah mengikut sertakan orang yang pernah mendaki sebagi pemandu kita.


Mempersiapkan Fisik

Hal ini sangat penting, sebaiknya persiapkan kondisi fisik kita mulai jauh-jauh hari sebelum pendakian untuk menjaga kebugaran tubuh pada ketinggian yang bersuhu dingin dan kadar oksigen yang rendah.

Mempersiapkan Team

Melakukan breafing sebebum mendaki sangat pentig sehingga kita dapat  menentukan anggota tim dan pembagian tugas serta mengelompokkannya kemudian merencanakan semua yang berkaitan dengan pendakian.


Mempersiapkan Perbekalan dan Peralatan

Dalam hal mempersiapkan perbekalan dan peralatan merupakan awal dari sebuah pendakian. Persiapkan perlatatan dan perbekalan sebaik mungkin karena ini menyangkut keselamatan kita. Karean Gunung merupakan lingkungan yang asing bagi tubuh kita baik berupa suhu, perubahan cuaca yang cepat, minimnya oksigen maka kita harus mengantisipasinya dengan perlengkapan standar pendaki. Tidak lupa dalam hal perbekalan kita wajib teliti dan pandai memilih jenis makanan yang akan kita bawa.

Dalam pendakian memang kita perlu mempersiapkannya dengan seteliti mungkin supaya olahraga alam yang kita lakukan masih membuat kita tetap sehat bukan malah sebaliknya. Demikian Pengetahuan Dasar Pendaki Gunung ini menjadikan anda sedikit lebih tahu tentang mendaki gunung. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: