Tips Aman Mengunakan Akses Internet Ketika Melakukan Traveling

Aman Mengunakan Akses Internet Ketika Melakukan Traveling. Sahabat Ayo Dolan ketika kita sedang malakuan traveling pastinya kita tidak akan terpisahkan dengan akses internet untuk meng up date perjalanan anda. Namun kita juga harus memperhatikan kemanan ketika sedang online, karena akses yang kita gunakan berbeda dengan yang ada dirumah. Berikut lima tips aman mengakses internet saat melakukan traveling.
Aman Mengunakan Akses Internet Ketika Melakukan Traveling
Mengunakan Akses Internet Ketika Melakukan Traveling

Instal Anti Virus Pada Ponsel atau Laptop

Jika anda mengunakan smartphone, tablet, laptop atau yang lainnya, pastikan telah terpasang anti virus dan program supaya selalu tetap up date pada antivirus anda. Karena ada sebagian orang yang tidak menyadari dalam smartphone atau laptop mereka belum terpasang anti virus.

Pastikan Selalu Log Out Jika Anda Mengunakan Komputer Umum

Tidak menutup kemungkinan ketika kita melakukan treveling akan mengunakan fasilitas umum untuk mengakses internet salah satunya adalah fasilitas warnet. Ketika kita mengakses email, media sosial, atau yang lainnya pastikan anda sudah melakukan log out ketika akan meninggalkan warnet supaya tidak disalah gunakan oleh penguna yang lain, jika perlu anda dapat menghapus history akses anda pada komputer supaya lebih aman.

Jika Perlu Lakukan Two Factor Authentication (TFA)

Two Factor Authentication (TFA) adalah proses dimana langkah tambahan ditambahkan ke proses log in untuk membantu memverifikasi bahwa yang mengunakan benar-benar Anda ketika Anda login. Bentuk yang paling umum dari ini adalah pesan teks yang dikirim ke ponsel Anda dengan PIN kode. Hal ini mungkin terdengar sedikit rumit, tetapi sebenarnya sangat baik untuk mengamankan akses anda, terutama jaringan sosial.

Jangan Asal Mengunakan Wi Fi

Terkadang ketika kita berada pada suatu tempat maka akan disediakan jaringan Wi-Fi secara gratis, tapi kita juga perlu hati-hati jangan asal percaya dengan jaringan tersebut untuk mengakses internet. Karena jaringan Wi-Fi ini dapat dibajak oleh pihak lain yang dapat disalah gunakan mengunakan akun anda sebab tersimpan dalam history jaringan mereka.

Pertimbangkan Ketika Mengunakan Jaringan Virtual Private Networks (VPN)

Banyak Hotel dan dan fasilitas Wi-Fi membatasi beberapa situs yang tidak dapat diakses dan hanya dapat diakses melalui VPN. Kita perlu berhati-hati ketika mengunakan jaringan ini karena kebanyakan akan terhubung dengan seluruh jaringan Hotel atau kantor anda maka  pastikan software anti virus anda up to date dan perangkat Anda bebas virus sebelum Anda menghubungkan

Sahabat Ayo Dolan, mengunakan akses internet ditempat umum memang berbeda dengan mengunakan akses pribadi yang kita miliki, maka kita harus tetap berhati-hati ketika mengunakannya ketika kita melakukan traveling. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: